Ayo mulai menjalankan pola hidup yang menyehatkan agar hidup semakin bermanfaat.

Selasa, 16 Juni 2015

Begini Cara Mencuci Tangan Dengan Benar

Cara Mencuci Tangan - Saat dihadapkan dengan sejumlah sajian seperti ayam, tempe, dan tahu, lengkap dengan lalapan sambal, kita pasti tak sabar ingin menyantapnya dengan tangan. Makan dengan tangan memang memberi sensasi tersendiri, kenikmatan yang didapat pun jauh lebih tinggi daripada memakai sendok dan garpu.

Namun, jangan sampai kita melupakan cuci tangan. Dalam berbagai kegiatan yang kita lakukan, tentu kuman pada menempel di telapak tangan. Jika dipakai langsung untuk makan, atau ala kadarnya dalam mencuci tangan, bisa-bisa tubuh kita menjadi sarang kuman yang memicu penyakit berdatangan. Untuk itu, ada baiknya kamu mengetahui bagaimana cara mencuci tangan yang benar.

Cara Mencuci Tangan Dengan Benar, Bagaimana?

Cara Mencuci Tangan Dengan Benar
Cara Mencuci Tangan Dengan Benar
Untuk membunuh semua kuman yang ada, pastikan kamu melewati beberapa proses pencucian tangan yang benar berikut ini.
  1. Basuh tangan dengan air bersih, bisa air dingin ataupun hangat.
  2. Gunakan sabun yang dituang, bukan batangan. Sabun biasa saja sudah cukup, karena semuanya memiliki sifat antibakteri.
  3. Gosok kedua tangan (utamakan telapaknya) hingga mengeluarkan buih, jangan lupakan juga untuk membersih sela-sela jari, kuku, dan bahkan pergelangan tangan. Lakukan selama 30 detik.
  4. Bilas tangan hingga bersih, kemudian keringkan dengan tisu atau handuk bersih, jika sedang di restoran atau food court, gunakan alat pengering tangan. Pastikan agar air di telapak tangan kamu mengalir ke siku.
  5. Selesai.

Beberapa hal yang patut diperhatikan di sini adlaah air yang dipakai haruslah mengalir, jangan air rendaman di baskom yang banyak orang pakai atau bisa kamu pakai beberapa kali. Hal ini justru membuat kuman mudah menyebar dalam air dan mendarat di tangan kamu.

Jangan juga membersihkan tangan dengan handuk yang telah disediakan di wastafel jika kamu sedang makan di restoran, karena banyak orang yang juga memakainya. Tentu kuman pada menempel di handuk dan bisa berpindah ke tangan kamu.

Itulah cara mencuci tangan yang benar. Lakukan terus kebiasaan ini karena jika disepelekan, kamu bisa berisiko terkena berbagai penyakit seperti influenza, tifus, hepatitis A, salmonellosis, dan masih banyak lagi.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Begini Cara Mencuci Tangan Dengan Benar

0 komentar:

Posting Komentar